Uncategorized

Tips Mencegah Kebakaran Di Pemukiman Sempit

Cara Mencegah

Kebakaran Di Pemukiman Sempit

Cara Mencegah Kebakaran
Di Pemukiman Sempit

Pertumbuhan penduduk di daerah perkotaan ini disebabkan karena daerah perkotaan merupakan daerah pusat dari semua kegiatan manusia yang menawarkan mimpi dan harapan pekerjaan yang lebih layak dibandingkan dengan daerah pedesaan, sehingga banyak terjadi urbanisasi. 

Urbanisasi menjadi pilihan terbanyak warga desa yang ingin mengadu nasibnya ke ibukota, terjadinya urbanisasi bisa diakibatkan juga dari pola berpikir penduduk yang dirasa kehidupan kota lebih layak untuk dijadikan tempat tinggal jika dibandingkan dengan kehidupan di desa, dan sebagai karena ada hal itu, pergerakan perkembangan warga kota berjalan cepat sekali, dan perihal ini pula yang memunculkan kehadiran ruangan kota jadi makin padat, dan memunculkan komunitas perkampungan atau Pemukiman Sempit di ibukota

Pemukiman Sempit yang tanpa jarak, bahkan tak ada jarak antar bangunan satu dengan lainnya, menyebabkan potensi kebakaran besar, jika ada percikan api yang tak bisa dikendalikan, akan menyebabkan api menyebar lebih cepat dan menjadi kebakaran besar.

Amukan si Jago Merah adalah salah satu kecelakaan yang paling banyak disebabkan oleh kelalaian manusia. Umumnya, menimpa bangunan atau pemukiman penduduk padat, api yang kecil atau ledakan kecil bisa mengakibatkan satu kampung terbakar.

Apar Untuk Proteksi Rumah 

Ada beberapa penyebab terjadinya kebakaran di pemukiman padat atau sempit, seperti arus listrik, kondisi dapur, dan banyaknya benda-benda mudah terbakar. Untuk mengantisipasi kebakaran semakin meluas, maka peran Alat Pemadam Api Ringan (APAR) menjadi begitu penting dalam kondisi genting.

Tabung APAR umumnya disediakan di beberapa tempat, baik di perkantoran, rumah individu, dan tempat umum. Alat ini dipakai untuk mematikan api yang kecil atau ringan, supaya tidak ada kebakaran dalam rasio yang semakin besar. APAR sendiri penting dipunyai oleh setiap yang tinggal di rumah, ingat resiko kebakaran dapat terjadi kapan pun.

Meski begitu penting dalam kondisi genting, tetap saja masih banyak orang yang belum memahami prosedur cara penggunaan APAR yang baik dan benar. Hingga, seringkali mereka jadi kebingungan saat menyaksikan percikan api.

Pada umumnya, tabung alat pemadam ini mempunyai kapasitas 1-9 Kg. Disamping itu, APAR pula berisi media yang bermacam, ini mempunyai tujuan supaya pemadaman api lebih efisien.

Namun, sumber kebakaran sendiri dapat datang dari zat padat, cair, gas, atau logam, hingga pemicunya telah digolongkan pada kategorisasi kelas kebakaran.

Jika sudah tak paham menggunakan Apar, maka Petugas pemadam kebakaran atau Damkar menjadi andalan dikala terjadi kebakaran di pemukiman sempit. Meskipun ada petugas Damkar yang akan memadamkan api, salah satu hal penting yang harus kita ketahui adalah cara menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran. Sudah seharusnya anda tahu apa yang harus dilakukan saat kebakaran terjadi, ini bisa membantu kita lebih tenang dan tidak panik.

Cara Menyelamatkan diri dari

Kebakaran Di Pemukiman Sempit

cara mencegah dan menyelamatkan dari kebakaran pemukiman sempit

1 . Menutup Wajah

Saat terjadi kebakaran, seharusnya kita segera tutup muka dengan pakaian atau handuk basah. Pakaian atau handuk basah ini dapat membantu supaya asap pekat kebakaran tidak terisap hidung kita dan masuk ke paru-paru. Karena asap pekat itu bisa mengganggu pernapasan. Kemudian, kita bisa mencari jalan keluar dari ruangan

2 . Berjalan Menunduk atau Merangkak

Saat keluar, Anda bisa bergerak dengan cara merangkak. Berjalan menunduk atau merayap di lantai dapat membantu kita menghindar asap dan uap panas yang cepat naik masuk semua ruang. Berjalan menunduk atau merangkaklah dengan hati-hati dan hindari wilayah yang terkena api.

3 . Berguling Jika Pakaian Terbakar

Jika pakaian yang kita kenakan terkena api, sebaiknya kita segera melepas pakaian itu. Apabila situasinya tidak memungkinkan, anda bisa memadamkan api yang menyambar pakaian dengan berguling-guling di lantai.

4 . Fokus untuk Menyelamatkan Diri

Jika terjadi kebakaran, anda harus fokus untuk menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu. Selamatkan barang bernilai saat kebakaran terjadi dapat  mencelakakan kita, rekan-rekan. Ini akan memperlambat kita dan api akan semakin membesar. Sebaiknya yang pertama kita cari saat terjadi kebakaran adalah celah untuk mengeluarkan diri dari ruangan.

5 . Menghubungi Pemadam Kebakaran

Jika anda sudah berhasil menyelamatkan diri, sesegera mungkin minta pertolongan orang dewasa untuk menelepon petugas pemadam kebakaran. Jangan lupa beritahu hal penting ini pada orang di sekitar. Supaya saat kebakaran terjadi semua orang bisa menyelamatkan diri dengan tenang dan aman

Mencegah-Kebakaran-Pemukiman-Sempit
Mengapa pemukiman sempit

Wajib Pemilik Apar ?

APAR merupakan fire protection yang berfungsi untuk mengendalikan kebakaran dalam skala kecil yang biasanya terjadi pada situasi darurat, ditambah lagi pemukiman sempit yang bangunannya menempel satu sama lain. Alat ini dirancang khusus hanya untuk kebakaran ringan. Oleh sebab itu, APAR tidak tidak untuk dipakai pada kebakaran yang tidak terkontrol. APAR berperanan penting untuk hadapi kebakaran yang setiap saat dapat terjadi. 

 

Kenali fungsi APAR berdasarkan jenis-jenisnya:

  • APAR CO2

Jenis APAR CO2 atau karbondioksida berperan untuk mengikat oksigen dan mengisolasinya karena CO2 memiliki periode yang lebih berat dari oksigen. Tipe APAR ini pula mempunyai temperatur yang cukup dingin, hingga sanggup mematikan api di Pemukiman sempit dengan mendinginkan sumber panas api.

  • APAR Dry Chemical Powder

Dry Chemical Powder sebagai salah satunya tipe APAR yang berperan untuk merintangi oksigen masuk. Apar Tipe Powder ini datang dari gabungan fosfat Mono-amonium yang mempunyai titik lebur rendah dan dapat membuat penghambat, sehingga oksigen tidak bisa masuk.

Mencegah Kebakaran Di Pemukiman Sempit

Pelajari Cara Menggunakan APAR Pada Pemukiman Sempit:

Setelah mengetahui beberapa jenis APAR dan fungsinya, berikut ini cara penggunaan APAR yang baik dan benar:

  1. Cara penggunaan Tabung Pemadam Kebakaran / APAR yang pertama adalah tarik segel terlebih dahulu.
  2. Setelah segel ditarik, cara penggunaan APAR berikutnya yaitu menarik kunci pengaman atau pin.
  3. Selanjutnya, tekan tuas atau kutub bagian atas secara penuh agar seluruh media di dalam APAR bisa keluar dengan maksimal.
  4. Cara penggunaan APAR berikutnya yaitu mengarahkan selang tepat pada sumber api untuk mempercepat proses pemadaman.
  5. Lakukan dengan hati-hati dan waspada, agar tidak terjadi kebakaran dalam skala yang lebih besar.

 

Alat Pemadam Kebakaran Besar (Apab) Trolley Sebagai Solusi Kebakaran Besar di Pemukiman Sempit, Mengapa?

  • Pemukiman Sempit biasanya sulit dimasuki Mobil Damkar, karena volume jalan tak memungkinkan parkir mobil
  • Apab Trolley beroda dua, sangat dinamis dan memudahkan mobilisasi, Apab ini dilengkapi dengan selang Panjang yang memungkinkan menjangkau are sempit, selang Apar Trolley kurang lebih hingga 6 Meter. 
  • Memakai ball valve tidak seperti alat pemadam kebakaran api ringan yang memakai spindle valve. 
  • Meski berat, Apab ini memiliki tekanan yang sama dengan Alat pemadam Api ringan (Apar) yaitu 13 bar.

Segera miliki Apar ataupun Alat pemadam Trolley untuk menjaga pemukiman anda dari amukan si jago merah, memiliki Apab Trolley bukan hanya membuat hati anda tenang, akan tetapi juga membuat kampung anda aman dan nyaman dari ancaman kebakaran besar. Kreasi Ukasah menyediakan jenis Alat pemadam kebakaran Trolley berkualitas, segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap dan pemesanan Alat pemadam kebakaran yang kami jamin terbaik untuk anda

Konsultasi sekarang pemesanan

Alat Pemadam Kebakaran Terjamin Terbaik

Daftar Jenis Lainnya

Alat Pemadam Kebakaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge