Uncategorized

Sistem Kerja Apar Tipe Thermatic

Sistem Kerja Apar Tipe Thermatic System

IMG 21
IMG 34

Perihal yang gak penting ditanyakan, haruskan Sejumlah gedung pencakar langit sampai tempat terbuka menyiapkan alat pemadam kebakaran?, jawabnya pastinya ya.  Lantas, perusahaan swasta, perusahaan negeri, gedung pemerintahan, sampai beberapa lokasi terbuka seperti taman hiburan, diharuskan menyiapkan alat pemadam api yang sama dengan type tempat atau bangunan, maka bahaya kebakaran yang fatal bisa di cegah.

Selain jual alat pemadam api ringan, prosedur pemadam api yang paling sering dipakai umumnya ialah Fire Hydrant karena Fire Hydrant bekerja dengan media pemadam berbentuk air yang dipandang termurah dan efisien untuk mematikan api. Tetapi, perakitan atau penempatan instalasi Fire Hydrant dipandang sulit ingat dalam bangunan pula harus diselenggarakan instalasi jaringan pipa sebagai lajur keluarnya air yang nanti akan dihubungkan dengan Fire Hydrant dan kolam atau tempat penampungan air.

Walau mekanisme Fire Hydrant sering dipakai, tetapi banyak pula penanggung jawab yang pilih mekanisme lain sebagai perlindungan bangunan dari Risiko Kebakaran. Salah satunya mekanisme favorit itu ialah mekanisme pemadam api Thermatic. Mekanisme pemadam api Thermatic sebuah mekanisme perlindungan kebakaran yang bekerja secara automatis tanpa membutuhkan operator atau tenaga manusia.

Sistem Kerja Apar Tipe Thermatic System

Thermatic

Kenapa memiliki bentuk seperti bola hal tersebut karena untuk memudahkan penggunaan alat pemadam kebakaran ini. Saat akan mematikan alat pemadam kebakaran ini, kita dapat secara mudah mengalihkan alat pemadam kebakaran ini dimanapun.

Alat pemadam kebakaran Fire Ball dapat berisi bermacam refil. Dimulai dari isian refil multipurpose, refil ABC, atau refil-refil yang lain. Isian pada Apar Fire Ball dapat disamakan dengan keperluan pemadaman kebakaran.

Seperti bola yang paling bermanfaat untuk meredam bahaya kebakaran di tahapan awalnya. Bisa dipakai untuk siapa, terhitung Anda pemilik usaha yang ingin membuat perlindungan property Anda dari risiko kebakaran, atau Anda pemilik rumah yang ingin jaga keluarga dan membuat perlindungan rumah Anda. Bisa dipakai pada pabrik, gudang, kantor, ruangan server, atau ruang pada rumah.

Langkah kerjanya ialah, produk akan aktif sendirinya saat bersinggungan langsung dengan api. Anda bisa tempatkan bola ini di beberapa tempat atau wilayah yang berpotensi dan risiko tinggi pada berlangsungnya kebakaran. Bola ini bisa mematikan api yang kecil dengan cepat dan efisien hingga baranya api tidaklah sampai jadi membesar dan memunculkan kerusakan yang lebih fatal. Melengkapi keperluan Anda dengan bermacam koleksi.

IMG 29

Cara kerja Alat Pemadam Api Thermatic

Dengan demikian, mekanisme Thermatic sanggup memproteksi bangunan atau lokasi sepanjang 24 jam penuh sehari-harinya karena mekanisme ini bekerja dengan automatis. Mekanisme Thermatic dipandang benar-benar efisien karena penanggung jawab lokasi atau bangunan tak perlu berasa cemas dengan resiko kebakaran yang mungkin terjadi saat lokasi atau bangunan itu sedang kosong saat jam pulang atau hari liburan.

Sistem alat pemadam api Thermatic mampu mengatasi Resiko Kebakaran  hingga mencapai skala yang besar, sehingga tetap dapat diaplikasikan pada gedung-gedung yang bertingkat ataupun perusahaan industri. Berbeda pula dari Fire Hydrant yang penginstalasian sistemnya terbilang rumit dan harus memakan biaya yang tinggi, sistem pemadam api Thermatic hadir dengan penginstalasian yang cukup sederhana dan hanya menghabiskan biaya yang jauh lebih rendah tanpa mengabaikan skala proteksi yang tetap tinggi.

Mekanisme Apar Fire Ball yang pula dikenali sebagai mekanisme pemadam api Auto Sprinkler ini diinstalasikan secara modular di atas plafon atau terselinap dibalik plafon dalam jumlah kepala auto sprinkler yang disamakan dengan rasio keperluan berdasar tipe resiko kebakaran atau luas bangunan atau lokasi yang bakal diproteksi.

Cara kerja mekanisme Apar Fire Ball atau Auto Sprinkler ini dengan mengetahui peningkatan temperatur yang mencolok. Pada kepala Auto Sprinkler, ada elemen detektor berbentuk Glass Bulb yang paling sensitif atau peka pada temperatur panas. Dalam Glass Bulb, ada cairan seperti raksa yang bakal memuai dan pecahkan Glass Bulb jika mengetahui temperatur tinggi, mulai temperatur dengan tinggi 57o C, temperatur 68o C sampai 93o C di mana penyeleksian tingkat kepekaan panas tersebu harus disamakan dengan keperluan tipe lokasi atau bangunan. Misalkan, untuk satu lokasi pengelasan di mana temperatur tinggi menjadi hal umum, sebaiknya pilih Auto Sprinkler dengan tingkat kepekaan panas 68o C atau 93o C.

Saat temperatur panas teridentifikasi, karena itu sirene kebakaran atau peringatan akan lebih dulu berpijar, selanjutnya diikuti dengan pecahnya Glass Bulb pada kepala Auto Sprinkler. Disini, katup yang berperan sebagai penahan penekanan akan lepas atau ikut pecah hingga Gas Cair atau Dry Powder yang disebut media pemadam api pada mekanisme Thermatic, akan menyemprotkan keluar. Suplai gas cair atau Dry Powder terus akan mengucur lewat pipa yang diinstalasi dari tabung silinder yang berisi media pemadam sampai ke kepala sprinkler. Secara umum, tingkat kecepatan penyemprotan media pada mekanisme Thermatic termasuk cepat sekali hanya karena memakan waktu tidak sampai semenit, hingga peluang penjalaran api yang terlampau besar segera dapat dihindari.

Tabung silinder sebagai penyimpan media pemadam secara umum ditempatkan atau ditaruh pada braket di dekat dinding atau tembok ruang yang tidak jauh dari instalasi kepala sprinkler, hingga jaringan pipa yang dibutuhkan semakin lebih ekonomis karena tidak sekitar dan sesulit pada mekanisme Fire Hydrant. Selanjutnya, media pemadam yang dipompakan itu akan keluar dengan cara memutar ke semua arah sama sesuai langkah kerja kepala sprinkler, hingga api kebakaran tentu saja bisa ditangani secara cepat.

Media Alat Pemadam api Thermatic

Pada mekanisme alat pemadam api Thermatic, memang ada dua type media yang jadi pemadam. Beberapa media itu ialah Dry Powder atau bubuk kimia kering berbentuk Sodium Bicarbonate atau Monoammonium Phosphate yang sanggup menangani api kebakaran dengan kelas A sampai kelas C. Dan tipe media yang ke-2  ialah Liquid Gas atau gas cair yang disebut gas yang ada di wujud cair, tetapi saat diaktifkan, cairan itu akan menyemprotkan berbentuk gas tanpa tinggalkan endapan atau sisa agen pada ruang. Liquid Gas bisa berbentuk gas karbondioksida atau gas sejenis Halotron 1.

Selainnya tipe mekanisme alat pemadam api Thermatic yang diinstalasikan memakai kepala sprinkler dan tabung media yang terpisah dan dihubung dengan jaringan pipa, ada tipe yang lain yang lebih automatis, yakni mekanisme pemadam api Thermatic tipe Standalone di mana mekanisme yang diinstalasi berbentuk tabung kecil berisi media pemadam yang diujungnya sudah diperlengkapi ekaligus dengan kepala sprinkler, hingga penginstalasian dapat segera terpasang pada plafon tanpa membutuhkan jaringan pipa.

bahan isi apar ABC_dry_chemical_Powder

Mekanisme Apar Fire Ball tipe Standalone ini banyak memiliki keunggulan seperti penempatan yang gampang dan tambah murah ingat tidak memerlukan jaringan pipa dan pompa pendorong. Keunggulan yang lain, tipe Standalone ini bisa secara mudah diisi ulangi dan jika dibutuhkan, mekanisme tipe Standalone gampang untuk dipindah ke ruang lain.

APAR berbentuk bola atau Apar Fire Ball sebagai salah satunya alat pemadam kebakaran dalam ukuran kecil yang berperan untuk tangani beragam keadaan kebakaran. Kreativitas Ukasah jual fire ball dengan bermacam ukuran yang dapat diminta, selekasnya kontak kami untuk memperoleh informasi dan produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge