Uncategorized

Kegunaan APAR Dan Jenis – Jenisnya

Keunggulan APAR Dan Jenis - Jenisnya

IMG 22

Alat pemadam api ringan atau yang lebih sering kita ketahui apar adalah sebuah alat yang digunakan untuk memadamkan api ketika terjadinya kebakaran. alat pemadam ini memiliki bentuk tabung pada umumnya, dan di dalam tabung tersebut diisikan dengan bahan untuk memadamkan api dengan tekan yang tinggi.

Jenis - Jenis Alat Pemadam Api Ringan "APAR"

Jenis - Jenis Media Bahan Isian APAR

alat pemadam api ini memiliki banyak jenis kategori bahan pemadam api yang digunakan, dan alat pemadam api ini di golongkan menjadi beberapa jenis, di antaranya seperti yang paling umum di gunakan :

CD 9
  • APAR bahan air atau water 

Tabung Apar yang berbahan air ini adalah apar yang diisikan oleh bahan air dengan tekanan yang tinggi. untuk apar jenis ini merupakan apar yang paling ekonomis dan cocok untuk memadamkan kebakaran dengan kelasifikasi kebakaran non logam seperti kertas, kain, karet, plastik, dan kebakaran kelas A lainnya. tetapi bahan ini akan sangat berbahaya jika dipergunakan untuk memadamkan kebakaran dengan kelasifikasi kebakaran kelas C seperti instalasi listrik yang bertegangan tinggi.

  • APAR bahan busa atau foam (AFFF)

apar yang berbahan busa ini adalah jenis apar yang memiliki bahan terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk seperti busa atau foam, busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) ini di semburkan ke  bahan yang terbakar dan bahan kimia tersebut akan menutupi bahan yang terbakar tersebut sehingga oksigen yang bisa membuat api terus berkobar perlahan lahan akan padam karena oksigen tidak dapat masuk untuk terjadinya proses kebakaran. APAR jenis foam ini efektif untuk memadamkan kebakaran dengan kelasifikasi kebakaran kelas A yang di sebabkan oleh bahan bahan yang non logam seperti kertas, kain, karet, dan bahan yang lainya dalam kelasifikasi kebakaran kelas A, Dan bahan foam ini juga efektif untuk kebakaran dalam kelasifikasi kebakaran kelas B contohnya seperti kebakaran yang di sebabkan oleh minyak, alkohol, solvet, dan bahan yang lainya dalam kebakaran kelas B.

IMG 01
IMG 03
  • APAR bahan serbuk kimia atau Dry chemical powder

apar yang berbahan serbuk kimia atau yang lebih sering kita ketahui dry chemical powder terdiri dari bahan kimia serbuk kering yang dikobinasikan dari bahan kimia mono-amonium sulphate. cara kerja bahan kimia dry chemical powder ini adalah bahan ini akan menyelimuti area yang terbakar sehingga oksigen yang merupakan unsur penting penyebab terjadinya kebakaran api, keunggulan apar dry chemical powder ini sangat serbaguna karena apar jenis ini sangat efektif hampir di semua kelas kebakaran untuk kelasifikasi kebakaran kelas A, B, dan C.

apar jenis ini tidak di sarankan untuk digunakan dalam industri karena bahan dari dry chemical powder ini akan mengotori dan dapat merusak peralatan produksi di sekitar area kerja anda, apar jenis ini biasanya di gunakan dalam kendaraan seperti mobil dan kendaraan lainnya.

  • APAR bahan Carbon Dioksida / CO2

Apar yang berbahan CO2 ini adalah jenis pemadam kebakaran yang menggunakan bahan carbon dioksida sebagai bahan pemadam kebakarannya. apar jenis ini sangat cocok untuk klasifikasi kebakaran kelas B seperti bahan cair yang mudah kebakar contohnya minyak, dan bensin. dan apar ini juga cocok untuk klasifikasi kebakaran kelas C seperti instalasi listrik.

IMG 02

jika anda membutuhkan Tabung Apar Alat Pemadam Kebakaran anda bisa menghubungi kami melalui nomor yang tertera di website kami. atau anda bingung apar yang cocok untuk area dan kebutuhan anda tidak usah sungkan silahkan hubungi team kami, dan kami akan siap membantu memilih apar yang cocok dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge